Abstrak PTK



Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Aspek Membaca Pemahaman melalui Penerapan Metode Students-Team Achievement Divisons (STAD) pada Siswa Kelas VIII F Semester Genap SMP Negeri 2 Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014

Oleh : Emi Farida

ABSTRAK

Menurut pengamatan siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Sumbang termasuk pasif dalam melaksanakan kegiatan belajar sehingga hasil belajar merekapun lebih rendah dibandingkan kelas-kelas lain di kelas VIII. Kondisi ini menjadi salah satu keprihatinan guru sehingga harus dicarikan alternatif metode pembelajaran untuk mengatasinya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Bahasa Inggris aspek membaca pemahaman melalui penerapan metode Students-Team Achievement Divisons (STAD). Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut; perencanaan tindakan tindakan perbaikan meliputi kegiatan analisis faktor penyebab permasalahan dan penetapan tindakan yang ditempuh, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Menurut pengamatan kelas, analisis hasil ulangan,  dan refleksi, ditemukan bahwa latar belakang permasalahan dalam pembelajaran membaca pemahaman adalah penguasaaan kosakata siswa sangat lemah, keaktifan dalam melaksanakan tugas-tugas belajar rendah, dan pada pembelajaran membaca teknik yang digunakan guru lebih sering pemberian tugas-tugas membaca individu dan berfokus pada guru yang aktif. Tugas menghapal kosakata juga tidak terstruktur dan siswa tidak dibebani tugas memperkaya kosakata oleh guru. Teknik tersebut kurang efektif memotivasi siswa untuk mau membaca, mengidentifikasi makna kata baru, informasi, struktur teks, dan tujuan komunikatif teks. Oleh karena itu hendaknya guru menggunakan metode/teknik agar siswa aktif, termotivasi untuk belajar, merasa senang belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode ini termasuk metode pembelajaran koopreatif yang paling sederhana dan paling baik bagi guru pemula yang ingin menerapkan metode kooperatif tipe STAD. Metode  ini terdiri atas lima komponen utama yaitu presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individual, dan rekognisi tim. Dari hasil analisis data selama siklus 1 dan siklus 2 diperoleh hasil sebagai berikut; keaktifan siswa belajar  di siklus 1 mencapai 77% dan pada siklus ke-2 meningkat hingga  mencapai 97%. Dari hasil belajar membaca juga terdapat peningkatan. Pada siklus 1 presentase siswa yang telah tuntas sebanyak 74% dan pada siklus 2 naik mencapai 85,7%.


Kata kunci : Membaca Pemahaman Bahasa Inggris, Metode STAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar