Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar dalam
Pembelajaran Bahasa Inggris Aspek Membaca Pemahaman melalui Penerapan Metode
Students-Team Achievement Divisons (STAD) pada Siswa Kelas VIII F Semester
Genap SMP Negeri 2 Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014
Oleh
: Emi Farida
ABSTRAK
Menurut
pengamatan siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Sumbang termasuk pasif dalam
melaksanakan kegiatan belajar sehingga hasil belajar merekapun lebih rendah
dibandingkan kelas-kelas lain di kelas VIII. Kondisi ini menjadi salah satu
keprihatinan guru sehingga harus dicarikan alternatif metode pembelajaran untuk
mengatasinya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar Bahasa Inggris aspek membaca pemahaman melalui
penerapan metode Students-Team
Achievement Divisons (STAD). Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut; perencanaan tindakan
tindakan perbaikan meliputi kegiatan analisis faktor penyebab permasalahan dan
penetapan tindakan yang ditempuh, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi. Menurut pengamatan kelas, analisis hasil ulangan, dan refleksi, ditemukan bahwa latar belakang
permasalahan dalam pembelajaran membaca pemahaman adalah penguasaaan kosakata
siswa sangat lemah, keaktifan dalam melaksanakan tugas-tugas belajar rendah, dan
pada pembelajaran membaca teknik yang digunakan guru lebih sering pemberian
tugas-tugas membaca individu dan berfokus pada guru yang aktif. Tugas menghapal
kosakata juga tidak terstruktur dan siswa tidak dibebani tugas memperkaya
kosakata oleh guru. Teknik tersebut kurang efektif memotivasi siswa untuk mau
membaca, mengidentifikasi makna kata baru, informasi, struktur teks, dan tujuan
komunikatif teks. Oleh karena itu hendaknya guru menggunakan metode/teknik agar
siswa aktif, termotivasi untuk belajar, merasa senang belajar dengan metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode ini termasuk metode pembelajaran
koopreatif yang paling sederhana dan paling baik bagi guru pemula yang ingin
menerapkan metode kooperatif tipe STAD. Metode ini terdiri atas lima komponen utama yaitu
presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individual, dan rekognisi tim. Dari
hasil analisis data selama siklus 1 dan siklus 2 diperoleh hasil sebagai
berikut; keaktifan siswa belajar di
siklus 1 mencapai 77% dan pada siklus ke-2 meningkat hingga mencapai 97%. Dari hasil belajar membaca juga
terdapat peningkatan. Pada siklus 1 presentase siswa yang telah tuntas sebanyak
74% dan pada siklus 2 naik mencapai 85,7%.
Kata kunci : Membaca Pemahaman Bahasa Inggris,
Metode STAD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar